Saturday, 21 February 2015

Camilan Sehat untuk Diet

camilan sehat, cemilan, ngemil

Diakui atau tidak, orang gemuk itu camilannya banyak. Hampir setiap saat, ada saja camilan yang masuk ke mulutnya. Parahnya, camilan yang disukai adalah camilan yang mempunyai kandungan karbohidrat dan lemak yang tinggi.

Coba perhatikan camilan yang mereka makan: keripik, kerupuk, snack, cilok, kue-kue kering/basah, martabak, gorengan, dan lain-lain. Kalau pakai hitung-hitungan kalori, porsi makan orang gemuk hampir dua kali lipat porsi makan orang pada umumnya.

Simak juga Orang Gemuk Banyak Makan, Banyak Makan Belum Tentu Gemuk.

Apakah camilan tersebut tidak sehat? Tentu saja sehat, terutama bagi orang yang tidak mempunyai masalah berat badan. Tapi bagi orang yang sedang menjalani program diet, camilan tersebut malah mengakibatkan berat badan semakin naik karena kandungan karbohidrat dan lemaknya cukup tinggi.




Berarti orang diet tidak boleh makan camilan? Kalau tidak boleh makan camilan, mereka akan merasa lapar. Berat badan memang turun, tapi terkesan kurus kering karena kelaparan. Keadaan ini tidak sehat, bisa menimbulkan dampak negatif di kemudian hari.

Daripada menghindari camilan lebih baik mencari camilan pengganti yang sehat untuk orang diet. Camilan yang sehat untuk orang yang sedang menjalani program diet adalah camilan yang sifatnya mengenyangkan. Camilan yang mengenyangkan adalah camilan yang memiliki kandungan serat dan kandungan air yang tinggi. Camilan yang mempunyai kriteria tersebut di antaranya ada pada buah dan sayur.

Buah dan Sayur

camilan sehat buah dan sayur
Hampir semua buah dan sayur mengandung serat yang cukup tinggi. Di bawah ini adalah beberapa contoh buah dan sayur beserta manfaatnya. Disarankan tidak hanya mengonsumsi buah dan sayur tertentu saja. Konsumsilah buah dan sayur secara beragam supaya tidak kekurangan atau kelebihan kandungan tertentu. Mengonsumsi buah dan sayur boleh dalam jumlah yang banyak karena tidak akan memicu kenaikan berat badan.

Apel

Apel mempunyai kandungan serat 5 gram sedangkan lemak kurang dari 1 gram. Merupakan camilan sehat yang baik karena mengenyangkan tetapi tidak menimbun lemak. Selain itu apel juga membantu mengendalikan kadar kolesterol jahat (LDL). Orang yang makan 2 buah apel per hari akan menurunkan kadar kolesterol sebanyak 16%.

Alpukat

Buah alpukat memang berlemak dan banyak yang salah paham dengan adanya lemak pada buah tersebut. Lemak buah alpukat adalah lemak jenuh yang mudah diserap oleh tubuh. Lemak ini juga bermanfaat dalam proses penyerapan zat pelawan kanker. Nutrisi yang ada dalam buah alpukat membuat kita kenyang lebih lama sehingga dapat mengekang nafsu makan. Selain itu, buah alpukat juga dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

Melon dan Semangka

Kandungan air buah melon atau semangka sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mengekang nafsu makan. Kandungan air yang tinggi juga berfungsi untuk memperlancar sistem pencernaan sehingga upaya untuk menurunkan berat badan lebih cepat berhasil.

Mentimun

Mentimun atau ketimun cukup mengenyangkan dan dapat dimakan mentah karena kadar airnya tinggi. Kandungan serat pada mentimun selain mengenyangkan juga mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh.

Sayuran Hijau

Hampir semua sayuran hijau mempunyai kandungan serat dan kadar air yang tinggi sehingga dapat mengenyangkan tanpa khawatir gemuk. Sayuran bisa dijadikan camilan kapan saja, baik pagi, sore maupun malam hari. Sayuran baik adalah sayuran yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau direbus secara sederhana.




Mengonsumsi sayuran tidak harus dalam jenis masakan tertentu. Mengonsumsi kubis atau kol tidak harus dalam masakan sop, mengonsumsi ketimun tidak harus dalam bentuk acar. Kalau memungkinkan dikonsumsi mentah kenapa harus menunggu dimasak dulu. Kalau tidak memungkinkan bisa direbus dulu tapi jangan sampai layu.

Simak juga Cara Mengonsumsi Sayur Setiap Hari.

Camilan Olahan

Bagi Anda yang kurang menyukai buah dan sayur, Anda bisa mengonsumsi camilan olahan yang sehat. Camilan olahan tersebut rendah kalori, rendah karbohidrat dan lemak namun tetap memiliki nilai gizi.

Popcorn

popcorn, brondong jagung
Popcorn adalah jenis camilan dari butiran jagung yang dipanaskan hingga mengembang (jawa: berondong jagung). Popcorn memiliki kandungan serat yang tinggi yang baik untuk kesehatan. Agar lebih berkhasiat, jangan mencampur popcorn dengan mentega.

Sereal

sereal camilan sehat
Sereal memiliki kandungan kalori dan lemak yang rendah tetapi kaya serat. Mengonsumsi sereal akan membuat keinginan mengemil lebih rendah sehingga berat badan tidak mudah naik. Sereal lebih cocok dijadikan camilan pagi hari.

Yoghurt

yoghurt camilan sehat
Kandungan kalsium dalam yoghurt dapat membantu tubuh untuk memproses lemak yang tersimpan di dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih ramping dan ideal. Mengonsumsi yoghurt bisa dikombinasikan dengan sereal atau biskuit yang mengandung kalsium dan fosfor.

Smoothies dan Jus Buah

smoothies, jus buah
Di Indonesia, smoothies dan jus buah hampir tidak ada bedanya. Sebenarnya jus buah itu yang kita minum hanya sari buahnya saja, sedangkan smoothies keseluruhan buah ditambah susu kental, yoghurt, coklat. Keduanya sangat baik sebagai camilan sehat asal kandungan gulanya dikurangi.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan alami yang jumlahnya sepuluh kali lipat antioksidan pada sayur dan buah-buahan. Mengonsumsi teh hijau dapat meningkatkan metabolisme, mengoksidasi lemak dan mengubahnya menjadi kalori yang pada akhirnya dapat menurunkan berat badan. Teh hijau juga dapat mengekang nafsu makan karena mengenyangkan.

Telur Rebus

telut rebus camilan sehat
Telur rebus juga baik sebagai camilan sehat untuk diet. Apalagi kalau direbus setengah matang, kandungan proteinnya tinggi dan mengenyangkan. Telur rebus mampu mengisi bahan bakar alami tubuh dan mengontrol rasa lapar.

Agar-agar

Agar-agar atau jelly adalah makanan sehat yang kaya akan serat. Agar-agar dapat menahan lapar cukup lama sehingga cocok sebagai camilan sehat untuk diet. Sebaiknya memilih agar-agar yang polos karena kalorinya lebih rendah.

Kacang Rebus

Kacang rebus mempunyai kandungan antioksidan dan serat yang tinggi. Selain itu kacang-kacangan juga membantu mengatur gula darah dan meningkatkan produksi serotonin dalam tubuh. Kacang rebus sangat tepat sebagai camilan sehat terutama camilan malam hari karena dapat menahan lapar agak lama. Jenis kacang rebus yang bisa dijadikan camilan sehat untuk diet di antaranya adalah kacang tanah, kacang kedelai, kacang walnut, dan lain-lain.

Simak juga:
Selalu Merasa Lapar, Inilah Penyebabnya
Inilah Jenis Makanan yang Harus Dihindari

Demikian informasi tentang berbagai macam camilan yang sehat untuk diet. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.