Wednesday, 11 March 2015

Tips Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang secara Alami

Gigi Berlubang, Sakit Gigi, gigi rapuh

Saking nyerinya sakit gigi sampai-sampai adalah lirik lagu, "Lebih baik sakit hati daripada sakit gigi ini ....". Memang sakitnya luar bisa, tapi herannya tak ada seorang pun yang menjenguk orang sakit gigi.

Cara yang paling praktis mengatasi gigi berlubang adalah dengan mendatangi dokter gigi untuk mencabut gigi yang berlubang tersebut. Risikonya kita akan kehilangan gigi dan tidak akan tumbuh lagi, kecuali jika kita masih anak-anak. Cara lainnya dengan menambal gigi yang berlubang tersebut. Namun ada baiknya sebelum pergi ke dokter gigi, kita lakukan tips ampuh mengatasi gigi berlubang secara alami.




Penyebab Gigi Berlubang

Salah satu penyebab gigi berlubang adalah tidak terbiasa menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan. Akibatnya, sisa makanan yang tersangkut di sela-sela gigi dan gusi akan bertahan lebih lama. Jika tidak segera dibersihkan maka sisa makanan tersebut akan membusuk dan membentuk asam. Asam inilah yang menyebabkan gigi menjadi rapuh dan akhirnya berlubang. Gigi yang sudah berlubang akan lebih mempermudah sisa makanan tersangkut. Lubang pada gigi pun semakin membesar.

Cara Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang secara Alami

Sebelum Anda pergi ke dokter gigi, ada baiknya jika Anda melakukan penyembuhan secara alami untuk mengatasi gigi yang berlubang. Bahan-bahannya sudah tersedia di dapur dan sekitar rumah Anda. Cara ampuh untuk mengatasi gigi berlubang secara alami di antaranya adalah:

Sikat Gigi

Langkah pertama ketika Anda merasa nyeri karena gigi berlubang adalah menyikat gigi. Sisa makanan rentan tersangkut pada gigi yang berlubang. Inilah yang mengakibatkan rasa nyeri. Cara menyikat gigi pada gigi yang berlubang harus dilakukan dengan benar dan hati-hati.

Sikatlah gigi secara keseluruhan terlebih dahulu. Lanjutkan dengan berkumur beberapa kali. Setelah itu sikatlah bagian gigi yang berlubang perlahan-lahan sebersih mungkin. Jika sisa makanan yang tersangkut pada lubang gigi sudah bersih, rasa nyeri perlahan-lahan akan hilang. Cara ini memang agak sakit, tetapi begitu kotoran gigi berlubang sudah bersih, sakit pun hilang.

Es Batu

Es batu dapat membekukan saraf-saraf gigi yang sedang berkontraksi dengan bakteri pada lubang gigi. Jika Anda belum pernah melakukannya mungkin akan mengira bahwa cara akan menambah rasa ngilu pada gigi.

Lakukan cara penggunaan es batu berikut ini. Ambil pecahan es batu yang berukuran kecil atau potong-potong terlebih dahulu. Letakkan di dalam lubang gigi. Lakukan selama 5 menit sebanyak 2 kali sehari. Dengan cara ini saraf-saraf gigi akan membeku dan tidak menanggapi reaksi dari bakteri.

Air Hangat

Air hangat juga ampuh membantu menghilangkan bakteri di dalam gigi yang berlubang. Cara ini termasuk cara yang mudah dan murah. Caranya mudah sekali. Anda tinggal menuangkan air hangat dari termos ke gelas minuman. Berkumur-kumurlah dengan air hangat. Konsentrasikan dan pertahankan beberapa saat pada bagian gigi yang berlubang. Lakukan secara berulang-ulang.

Garam

Cara yang paling mudah dan cepat mengatasi gigi berlubang secara alami adalah dengan menggunakan garam. Garam adalah racun bagi kuman penyakit. Dengan memanfaatkan khasiat garam yang benar, bakteri lama-lama tidak betah bersarang pada gigi.

Caranya mendapatkan manfaat garam untuk gigi berlubang cukup muda. Anda tinggal menyiapkan satu sendok garam. Larutkan garam tersebut dengan air hangat. Kemudian berkumurlah dengan larutan garam tersebut beberapa kali.

Simak juga, Cara Aman Memutihkan Gigi dengan Baking Soda.

Bawang Putih

Bawang putih mengandung antibiotik sehingga sangat ampuh untuk mengatasi gigi berlubang. Cara menggunakannya mudah sekali. Tumbuk 1 siung bawang putih. Kemudian campur tumbukan bawang putih tersebut dengan sedikit garam. Tempelkan pada gigi yang berlubang sekitar 5 - 10 menit. Setelah itu ambil campuran bawang dan garam tersebut. Jangan lupa berkumur dengan air hangat.
bawang merah dan bawang putih untuk gigi berlubang

Bawang Merah

Bawang merah mengandung antiseptik dan anti-mikroba. Sehingga sangat efektif mengusir kuman yang bersarang pada lubang gigi. Cara memanfaatkan khasiat bawang merah untuk mengatasi sakit gigi yang berlubang adalah dengan menggigit siungnya.

Tumbuk satu siung bawang merah. Sekali tumbuk saja yang penting sari bawang merah bisa keluar. Kemudian letakkan pada lubang gigi sekitar 5 - 10 menit. Setelah itu ambil bawang merah kemudian berkumur dengan air hangat.

Merica

Selain bawang putih dan bawang merah, merica juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi lubang pada gigi. Cara memanfaatkan merica untuk mengatasi sakit gigi berlubang adalah sebagai berikut.

Tumbuk beberapa biji merica sampai halus. Campurkan merica dan garam dengan takaran yang sama. Kemudian aduk sambil menambahkan sedikit air sehingga membentuk pasta. Tempelkan pasta merica tersebut pada gigi yang berlubang. Lakukan setiap hari sampai sakit gigi sembuh.

Minyak Cengkeh

Cengkeh memiliki anti-inflamasi, antioksidan, anti bakteri, dan sifat anestesi sehingga sangat ampuh mengatasi gigi berlubang. Karena mempunyai sifat anestesi, cara ini tidak menimbulkan rasa sakit. Caranya menggunakannya sederhana sekali.

Semprotkan sedikit minyak cengkeh ke kapas. Kemudian tempelkan kapas tersebut pada gigi yang berlubang. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak cengkeh ke dalam gelas berisi air untuk berkumur. Jika dilakukan rutin 2 - 3 kali sehari, biasanya 2 hari sudah sembuh.

Jeruk Nipis

Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis dapat meredakan sakit pada gigi yang berlubang. Cara ampuh menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi gigi berlubang secara alami adalah memanfaatkan sarinya.




Peras jeruk nipis kemudian ambil sarinya. Ambil sari jeruk nipis dengan sendok teh atau lebih baik dengan pipet. Teteskan sari jeruk nipis tersebut pada bagian gigi yang berlubang. Lakukan sehari 3 kali sampai sembuh.

Belimbing Wuluh

Sebagaimana jeruk nipis, belimbing wuluh juga mengandung vitamin C yang bersifat anti-bakteri. Cara memanfaatkan belimbing wuluh sebagai ramuan alami sakit gigi karena berlubang adalah memakan langsung buahnya.

Makanlah belimbing wuluh dengan sedikit garam. Kunyahlah perlahan-lahan pada bagian gigi yang berlubang. Cara ini akan sedikit menyiksa karena awalnya akan merasakan sakit yang luar biasa tetapi akan kembali pulih.

Simak juga Khasiat Belimbing Wuluh untuk Mengatasi Bahan Pengawet pada Mie Instan.

Cabe Rawit

Cabe rawit memiliki senyawa capcaisin yang berkhasiat sebagai pereda sakit gigi karena berlubang. Cara mendapatkan khasiat cabe rawit harus hati-hati. Gunakan cabe rawit yang masih utuh, tidak berlubang atau ada sayatan.

Larutkan cabe rawit pada air hangat tapi cabe rawitnya jangan dipotong-potong. Celupkan kapas pada larutan tadi dan peras sedikit. Tempelkan pada gigi yang berlubang beberapa saat. Dengan perlakuan yang rutin, cara ini juga ampuh menyembuhkan sakit gigi.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata juga bisa mengatasi gigi yang berlubang. Berikut ini cara memanfaatkan daun jambu untuk mengatasi gigi berlubang secara alami.
daun jambu biji untuk gigi berlubang
Ambil 4 -5 lembar daun jambu biji. Rebus daun jambu tersebut dalam air sampai mendidih. Tambahkan sedikit garam. Gunakan air rebusan jambu biji tersebut untuk berkumur beberapa kali. Selain itu, Anda juga dapat mengunyah langsung satu atau dua lembar daun jambu biji. Kemudian gosokkan pada gigi yang berlubang.

Biji Alpukat

Biji alpukat yang biasanya kita buang ternyata mempunyai khasiat untuk mengatasi gigi berlubang. Cara mendapatkan khasiat biji alpukat untuk menyembuhkan gigi berlubang adalah sebagai berikut.

Cuci sampai bersih sebuah biji alpukat. Sangrai biji tersebut pada wajan sampai benar-benar kering.
Setelah itu tumbuk biji alpukat yang telah disangrai sampai membentuk bubuk halus. Kemudian tempelkan bubuk biji alpukat pada gigi yang berlubang.

Biji Asam

Biji asam yang dimaksud adalah biji asam jawa (Jawa: asem cempaluk). Biji ini biasanya dibuang karena mungkin dianggap tidak ada manfaatnya. Berikut ini cara memanfaatkan khasiat biji asam untuk mengatasi gigi berlubang secara alami.

Sangrai beberapa biji asam jawa. Tumbuk biji tersebut sampai halus. Oleskan pada bagian gigi yang berlubang.

Akar Kangkung

Akar kangkung juga dapat digunakan untuk mengatasi gigi yang berlubang. Cara penggunaannya sebagai ramuan ampuh mengatasi gigi berlubang secara alami adalah sebagai berikut.
akar kangkung untuk gigi berlubang
Rebus segenggam akar kangkung dengan segelas air. Tambahkan ½ sendok cuka. Gunakan air rebusan kangkung tersebut untuk berkumur.

Simak juga, Pucuk Kangkung Ternyata Menyebabkan Diare.

Getah Pohon Jarak

Pohon jarak biasanya ada di sekitar rumah atau pekarangan, dikenal juga dengan sebutan jarak pagar. Berikut ini cara memanfaatkan getah pohon jarak untuk mengatasi sakit gigi karena berlubang.

Sayat batang pohon jarak kemudian ambil getahnya. Teteskan getah pohon jarak tersebut pada gigi yang berlubang. Setelah itu tutup dengan kapas atau kain selama beberapa menit. Jangan lupa berkumur dengan air hangat.

Nah, mudah sekali. Lebih efektif dan alami. Silakan dicoba salah satu yang menurut Anda paling cocok dan bahannya tersedia di sekitar Anda.

Cara Mencegah dan Merawat Gigi Berlubang

Lebih baik mencegah daripada menyembuhkan. Pepatah ini sangat masyhur karena mencegah itu sehat dan peduli pada kesehatan. Berikut beberapa tips untuk mencegah dan merawat gigi agar tidak berlubang.
menyikat gigi, menggosok gigi
Biasakan menggosok gigi sebelum tidur dan sesudah makan. Hindari makanan dan minuman yang terlalu panas, terlalu dingin, dan terlalu manis. Hindari juga makanan yang mudah menempel pada gigi. Perbanyak mengonsumsi makanan yang berkalsium tinggi seperti susu, telur, dan multivitamin berkalsium lainnya.

Perbanyak pula mengonsumsi makanan berserat (sayur dan buah) karena membantu meningkatkan produksi air liur dalam mulut yang berfungsi sebagai pelindung alami untuk gigi. Keju, kacang-kacangan, dan apel dapat membantu memecah plak yang melekat pada gigi. Biasakan minum teh untuk mengurangi dan menekan pembentukan plak dan membantu menekan tingkat jumlah bakteri di dalam mulut.

Jika gigi sudah berlubang tetapi belum parah, gunakan pasta gigi khusus untuk gigi berlubang. Pasta gigi tersebut biasanya mengandung lebih banyak kalsium, fluorida, dan xylitol untuk memperbaiki email atau bagian gigi yang rusak atau berlubang.

Simak juga, Jangan Biarkan Gigi Menguning, Cegah dengan Cara Ini.

Demikian berbagi informasi tentang cara-cara alami mengatasi gigi berlubang yang paling ampuh. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.