Tuesday, 21 April 2015

Sate Lebih Empuk dengan Memanfaatkan Getah Pepaya

Sate empuk, daging lunak, getah pepaya, papain, dadak kates

Ini adalah rahasia para penjual sate. Tentunya penjual sate yang daging satenya terkenal empuk. Jika Anda bertanya kepada mereka kenapa satenya lunak, dengan berbagai alasan mereka akan berkilah.

Banyak cara yang bisa kita lakukan agar daging sate menjadi empuk. Cara-cara tersebut sudah lazim digunakan oleh nenek moyang kita dan terbukti efektif. Secara ilmiah memang masuk akal karena bahan yang digunakan mengandung enzim pelunak daging.




Cara yang umum dilakukan untuk melunakkan daging adalah dengan parutan buah nanas, daun pepaya, air kelapa, buah  kiwi, kulit pisang, jus jeruk, saos tomat, jahe, garam, cuka, teh, kopi, soda kue, yoghurt, sampai bubuk instan pelunak daging. Dari cara-cara tersebut yang paling mudah dan cepat adalah dengan memanfaatkan getah buah pepaya.

Getah Pepaya

Getah pepaya bisa diperoleh dengan cara melukai batang, daun, dan buah pepaya. Getah yang berwarna putih ini mengandung enzim proteolitik atau papain. Enzim ini berfungsi untuk memecah protein, terutama protein pada daging. Dengan enzim papain, serat-serat pada daging akan terurai sehingga daging akan menjadi lunak.

Kandungan getah pepaya yang paling efektif sebagai pelunak daging terdapat pada getah buahnya. Papain dari buahnya memiliki efektivitas proteolitik dua kali lebih besar dari pada papain pada batang dan daunnya. Artinya, getah dari buah pepaya lebih efektif melunakkan daging daripada getah dari daun maupun batangnya.

Cara Memanfaatkan Getah Pepaya agar Sate Menjadi Empuk

Mengonsumsi sate akan terasa nikmat bila bumbunya lezat dan dagingnya tidak keras, tidak alot. Sate yang lunak akan bisa dinikmati oleh anak-anak kita yang masih kecil dan orangtua kita yang sudah tua. Di samping itu, kita lebih percaya diri ketika menghidangkan sate lunak kepada tamu-tamu kita.

Adapun cara memanfaatkan getah pepaya agar sate menjadi empuk adalah sebagai berikut.

getah pepaya, papain, mengeluarkan getah pepaya, mengoleskan tusuk sate pada getah pepapya
Siapkan buah pepaya yang masih muda. Cuci buah pepaya sampai bersih. Kemudian tusuk-tusuk buah pepaya dengan tusuk sate sampai mengeluarkan getah putih. Oles-oleskan beberapa tusuk sate pada getah buah pepaya. Setelah itu gunakan tusuk sate yang telah bergetah tersebut untuk menusuk potongan-potongan daging sate. Setelah itu, bakar sate. Jangan lupa beri bumbu sesuai selera dan nikmati.

Cara lainnya adalah dengan megusapkan getah pepaya pada daging sate. Caranya juga mudah. Tusuk-tusuk buah pepaya dengan tusuk sate atau garpu sampai mengeluarkan getah putih. Usap getah pepaya dengan telapak tangan. Usapkan telapak tangan bergetah tersebut pada potongan-potongan daging sate. Selanjutnya tusuk potongan-potongan daging yang telah bergetah tersebut dengan tusuk sate. Bakar sate. Kemudian beri bumbu sesuai selera dan nikmati.

Lakukan salah satu dari dua cara di atas. Jangan lakukan dua-duanya supaya daging satenya tidak hancur, ngeplur.

Rasanya? Jangan khawatir, tidak ada rasa getah pepaya yang pahit itu pada sate. Getah pepaya tersebut tidak memengaruhi rasa tetapi bereaksi dengan protein untuk memecah jaringan pengikat pada daging.




Cara di atas lebih cocok digunakan untuk membuat sate dalam skala kecil. Hanya untuk seisi rumah. Jika ingin membuat sate dalam skala besar, misal untuk selamatan atau jualan, lakukan langkah-langkah berikut ini.

Siapkan buah pepaya yang masih muda. Toreh atau gores tipis kulit buah pepaya dengan pisau sampai mengeluarkan getah putih. Kemudian tampung tetesan getah pepaya dengan baskom. Tambahkan air secukupnya ke dalam baskom. Aduk sampai larut. Selanjutnya celupkan beberapa tusuk sate pada larutan getah pepaya sebelum menusuk potongan daging sate. Atau gunakan larutan getah pepaya tersebut untuk merendam potongan daging sate.

Nah, dengan cara di atas, kita dapat menikmati sate yang lezat dan empuk.

Tentu saja cara di atas bukan untuk melunakkan daging sate saja. Melunakkan daging untuk masakan yang lain pun bisa menggunakan cara di atas, tinggal disesuaikan.

Berikut ini cara lain memanfaatkan getah pepaya untuk melunakkan daging.

Irisan pepaya muda, mengoleskan irisan pepaya pada permukaan daging
Iris tipis buah pepaya muda secara melintang, kira-kira seukuran ibu jari. Oleskan irisan tersebut ke seluruh permukaan daging. Satu irisan buah pepaya bisa digunakan untuk 100 gram daging. Anda juga bisa rebus daging dengan beberapa potongan buah pepaya muda.

Simak juga Cara Mengurangi Rasa Asin pada Ikan Asin.

Cara Membuat Bubuk Getah Pepaya

Jika ada pepaya yang berbuah lebat tiba-tiba tumbang atau sengaja ditebang, alangkah baiknya buah pepaya yang masih kecil-kecil kita ambil getahnya daripada langsung dibuang. Kita juga bisa menyadap getah pepaya langsung dari pohonnya.

Getah pepaya tersebut bisa kita jadikan bubuk yang sewaktu-waktu bisa kita manfaatkan. Cara membuat bubuk getah pepaya secara sederhana dapat kita lakukan dengan langkah-langkah berikut ini.

Tampung getah pepaya ke dalam baskom. Jemur getah pepaya tersebut pada sinar matahari.
Setelah kering, getah pepaya tersebut akan membentuk kristal. Haluskan kristal tersebut dengan sendok. Simpan pada lemari es.

Nah, sekarang kita sudah mempunyai bubuk pelunak daging dari getah pepaya yang sewaktu-waktu bisa kita gunakan.

Simak juga Cara Menyiasati Melimpanya Daging Kurban.

Demikian informasi tentang manfaat getah pepaya yang dapat melunakkan daging. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.