Monday, 5 October 2015

Makanan Ini Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh lemah, sering sakit

Pada dasarnya, semua jenis makanan dan minuman jika dikonsumsi secara tepat, akan memberikan dampak positif pada tubuh kita. Masalahnya, tidak semua orang mengonsumsi makanan dan minuman karena kebutuhan. Banyak di antara kita yang mengonsumsi makanan karena makanan tersebut adalah makanan favoritnya. Mungkin juga makanan favorit orang lain yang kita idolakan. Makanan dan minuman yang sedang ngetrend juga sering jadi alasan.

Mengonsumsi makanan sesuai kebutuhan tubuh tidak hanya dengan memperhatikan komposisi nutrisi makanan tersebut. Cara mengolah makanan, takaran saji, dan waktu makan yang tepat pun harus diperhatikan. Jika tidak, makanan dan minuman yang sebenarnya mempunyai nutrisi yang menyehatkan justru dapat menurunkan ketahanan tubuh kita, melemahkan sistem kekebalan tubuh kita, atau mengacaukan sistem imun tubuh kita.




Berikut ini beberapa makanan dan minuman yang dapat menurunkan ketahanan tubuh kita karena salah penggunaan.

Kopi

Jika dikonsumsi dalam waktu yang tepat, kopi akan memberikan efek positif bagi tubuh kita. Minum hanya secangkir kopi di pagi hari membuat hidup lebih bergairah sepanjang hari. Bahkan ada penelitian yang mengungkapkan bahwa kopi dapat menyehatkan hati, menurunkan risiko diabetes, risiko kanker, mencegah encok, dan dapat mengontrol depresi.

Sebaliknya, jika kopi dikonsumsi secara tidak tepat, misal dikonsumsi secara berlebihan, justru akan menimbulkan masalah bagi tubuh. Paling tidak kita akan ketagihan kopi. Kecanduan ini membuat kita cenderung malas beraktivitas atau bekerja karena tidak ada kopi yang mengiringi kita. Jika kita turuti maka dampak buruk yang lain akan menghadang.
kopi hitam, secangkir kopi, coffee
Demikian juga jika kopi dikonsumsi pada waktu yang salah. Mengonsumsi kopi menjelang tidur akan membuat seseorang sulit tidur karena siapa pun tahu bahwa kopi menimbulkan efek tubuh terus terjaga. Kurang tidur inilah yang mengakibatkan daya tahan tubuh melemah sehingga mudah sekali terserang penyakit.

Simak juga Cara Sederhana Menyeduh Kopi yang Paling Nikmat.

Minuman Bersoda

Minuman bersoda atau minuman berkarbonasi adalah minuman yang tidak memiliki kandungan alk0h0l tetapi mengalami proses karbonasi. Jika diminum menimbulkan sensasi kesegaran, trecep-trecep, apalagi jika diminum dalam keadaan dingin.
minuman bersoda, berkarbonasi, soft drink
Minuman bersoda atau soft drink ini hampir disukai semua kalangan. Minuman ini booming karena kemasan dan penyajiannya memenuhi tuntutan gaya hidup. Siapa pun yang meminumnya, kesan trendy akan melekat pada dirinya.

Sebenarnya minuman bersoda adalah minuman yang tinggi gula dan rendah nutrisi. Asam fosfat yang menimbulkan sensasi kesegaran tersebut ternyata dapat mengurangi kepadatan tulang dan merusak lapisan gigi. Jika soft drink ini dikonsumsi secara berlebihan dan terus-menerus maka tulang membentuk lubang seperti pori-pori yang akan memicu radang sendi, osteoporosis (tulang keropos), dan gigi keropos.




Selain itu, asam fosfat juga dapat mengurangi kemampuan tubuh menyerap kalsium dan magnesium. Lengkap sudah. Radang sendi, osteoporosis, minim kalsium dan magnesium, dan gigi ompong. Inilah yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh melemah dan tampak lebih tua.

Makanan Gorengan

Makanan yang digoreng memang lebih lezat daripada yang dikukus atau direbus. Selain enak, gorengan juga murah dan muda didapat. Makanan yang sangat populer ini banyak ditemui di kantin-kantin, warung-warung, bahkan di pinggir jalan.
makanan gorengan, makanan berlemak
Bijak saat makan gorengan sangat membantu mengatasi efek negatif makanan jenis ini. Sebagaimana semua orang tahu, bahkan mungkin sudah bosan mendengar, bahwa gorengan mampu menaikkan berat badan dan menaikkan kolesterol jahat. Artinya, jika Anda mempunyai riwayat kolesterol tinggi atau sedang menjalani program diet, sebaiknya membatasi atau menghindari makan gorengan.

Bijak dalam makan gorengan juga berarti bersedia mengonsumsi makanan penawarnya, seperti minum teh hijau setelah makan gorengan, memperbanyak mengonsumsi sayur dan buah, serta rutin berolahraga. Jika tidak, makanan berlemak ini dapat mendatangkan permasalahan kesehatan. Mulai dari gatal-gatal di tenggorokan, batuk-batuk, hipertensi, stroke, serangan jantung, diabetes, bahkan kanker. Dengan demikian, gorengan dapat menurunkan sistem imun tubuh kita sehingga mudah terserang penyakit.

Simak juga Makanan Berlemak itu Lezat, Jangan Dihindari.

Daging Merah

Yang termasuk daging merah adalah daging yang berwarna merah sebelum dimasak, seperti daging sapi dan daging kambing. Sedangkan daging unggas dan ikan termasuk daging putih. Dari dua jenis daging tersebut yang mempunyai manfaat yang besar sekaligus bahaya yang juga besar adalah daging merah.
daging merah, daging sapi dan kambing
Daging merah adalah sumber protein yang berkualitas tinggi. Protein adalah zat pembangun tubuh sehingga daging merah ini sangat cocok dikonsumsi anak-anak. Hampir tidak ada efek negatifnya bagi anak-anak, meskipun dikonsumsi setiap hari. Hal ini karena masa anak-anak adalah masa pertumbuhan dan sebagian besar dari mereka aktivitas fisiknya tergolong tinggi.
 
Tidak demikian halnya dengan orang dewasa dan yang sudah berusia lanjut, mengonsumsi daging merah harus hati-hati dan sesuai dengan kebutuhan tubuh. Berlebihan dalam mengonsumsi daging merah harus siap dengan segudang permasalahan yang akan menghadang. Mulai dari kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, hingga kanker. Bahkan penyebab kanker usus adalah daging merah. Hal ini karena kandungan karsinogen (pemicu kanker) muncul saat memasak daging.

Simak juga Menyiasati Melimpahnya Daging Kurban.

Makanan Olahan

Makanan olahan yang dimaksud adalah makanan yang  sudah diolah setengah jadi, seperti nugget dan sosis. Inilah makanan yang nikmat, praktis, cepat saji, dan dapat disimpan dalam waktu lama. Selain hemat biaya, makanan jenis ini juga hemat waktu sehingga sangat cocok bagi mereka yang sibuk.
makanan olahan, sosis dan nugget
Tetapi jika makanan olahan ini dikonsumsi dalam jangka panjang, akan berbahaya bagi tubuh. Makanan olahan ini banyak mengandung zat aditif, seperti zat pewarna buatan, penyedap rasa buatan, dan pengawet buatan. Makanan jenis ini juga tinggi garam tetapi rendah vitamin dan serat.

Banyak kandungan bahan kimia sintetis yang terkandung di dalamnya akan menghancurkan sistem kekebalan tubuh. Bahan-bahan dan gula yang terdapat di dalamnya juga mengacaukan sistem imun tubuh.

Simak juga Makanan untuk Kecerdasan Otak Anak.

Demikian informasi tentang beberapa makanan yang dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.