Sunday, 18 October 2015

Putihkan Gigi dengan Resep Leluhur

gigi putih berkat perawatan alami, resep leluhur

Terkadang kita menyaksikan kakek dan nenek yang umurnya sudah udzur tapi mempunyai gigi yang masih putih. Giginya memang sudah tidak lengkap, ada satu atau dua yang sudah tanggal, tapi warnanya masih tetap putih. Tidak menguning atau kusam.

Selain makanan yang dikonsumsinya setiap hari, perawatan gigi yang alami adalah rahasianya. Perawatan gigi yang alami memang tidak segera membuahkan hasil. Tetapi ketika perawatan tersebut mulai menampakkan hasilnya, gigi putih dan sehat akan bertahan lebih lama.




Tidak ada salahnya kita merawat gigi secara instan. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan: efektif, efisien, hemat waktu, dan hemat biaya. Kondisi ini sangat cocok bagi mereka yang sibuk. Tetapi alangkah baiknya jika diselingi atau dikombinasikan dengan perawatan gigi secara alami. Terutama saat kita mempunyai waktu luang.

Simak juga:
Cara Cepat Memutihkan Gigi dengan Norit.
Cara yang Aman Memutihkan dengan Baking Soda.

Bagaimana cara merawat gigi secara alami. Inilah resep leluhur dari nenek moyang kita.

Kulit Pisang

Ketika habis makan pisang, disarankan agar tidak langsung membuang kulit pisangnya. Gosok-gosokkan bagian dalam kulit pisang tersebut pada permukaan gigi secara melingkar. Kemudian diamkan sekitar 10 menit. Setelah itu berkumurlah untuk menghilangkan sisa-sisa kulit pisang yang mungkin terselip di antara celah-celah gigi dan gusi. Efek gigi putih bersinar alami akan terlihat sekitar dua minggu.
kulit pisang membuat gigi putih berinar
Kulit pisang mengandung asam salisilat dan asam sitrat. Kedua jenis asam ini merupakan kombinasi yang sempurna untuk memutihkan gigi secara alami. Asam salisilat membantu melawan tartar atau karang gigi. Sedangkan asam sitrat berperan memutihkan gigi dari noda. 

Selain itu, kulit pisang kaya akan kandungan kalium (potasium) dan magnesium. Kedua unsur ini berperan ampuh membuat gigi putih dan bersinar.

Kulit Jeruk

Demikian juga ketika Anda habis makan jeruk. Disarankan agar tidak langsung membuang kulitnya. Pijat-pijatkan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih itu pada gigi dan gusi. Setelah itu gosok-gosokkan memutar ke seluruh permukaan gigi. Diamkan sekitar 10 menit. Kemudian berkumurlah untuk membersihkan sisa-sisa kulit jeruk yang terselip di sela-sela gigi dan gusi. Gigi akan tampak putih cerah bersih dari noda.
kulit jeruk ampuh memutihkan gigi dan menghilangkan noda gigi
Kulit jeruk mengandung d-limonene, suatu senyawa optik yang hanya terdapat pada keluarga lemon. Senyawa ini efektif menghilangkan noda gigi. Di samping itu, vitamin C yang terkandung dalam kulit jeruk dapat mengatasi kuman dan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi. Namun hati-hati, vitamin C yang terdapat pada kulit jeruk tidak cocok untuk gigi sensitif.

Daun Kemangi




Umumnya daun kemangi dimanfaatkan sebagai lalapan. Ternyata daun kemangi juga dapat dimanfaatkan untuk memutihkan gigi. Caranya cukup mudah. Anda tinggal mengambil beberapa helai daun kemangi yang masih segar. Gosok-gosokkan daun tersebut pada permukaan gigi secara merata. Diamkan beberapa saat kemudian berkumur atau menyikat gigi untuk membersihkan sisa-sisa daun kemangi. Gigi akan lebih kinclong jika cara ini dilakukan secara rutin dan teratur.
gigi kinclong dengan daun kemangi
Daun kemangi mengandung antibiotik alami. Selain dapat mengurangi bau napas yang tak sedap, daun kemangi juga bisa membuat gigi lebih kinclong.

Buah Nanas

Mengunyah buah nanas sampai halus sebelum ditelan sama dengan membersihkan gigi. Jika Anda tidak tahan dengan rasa asam buah nanas, Anda bisa memotong-motong buah tersebut kemudian digosok-gosokkan pada permukaan gigi. Jangan lupa bersihkan gigi dari sisa-sisa buah ini dengan cara berkumur atau menyikat gigi. Gigi akan tampak lebih putih dan cerah alami.
buah nanas mengurangi noda gigi dan melawan kerusakan gigi
Kandungan enzim bromelain yang terdapat pada buah nanas mampu mengurangi noda pada gigi dan plak-plak pada gigi. Nanas juga mengandung citrus yang dapat menghasilkan air liur yang lebih banyak sehingga dapat melawan kerusakan pada gigi.

Buah Apel Hijau

Sering mengonsumsi buah apel membuat gigi tampak putih berseri alami. Menggigit buah apel ibarat menggosok gigi dengan bahan alami. Karena itu, kunyahlah buah apel selama mungkin ketika mengonsumsinya. Gigi akan tampak putih bersinar alami.
mengunyah buah apel efektif memutihkan gigi
Asam malat adalah bahan yang sering ditemukan pada produk-produk pemutih gigi. Ternyata asam malat ini juga ditemukan pada buah apel, terutama apel hijau. Kandungan asam malat dalam apel hijau efektif membantu memutihkan gigi.

Buah Strawberry

Memakan langsung buah strawberry memang ampuh memutihkan gigi. Tapi kebanyakan orang tidak tahan dengan rasa asamnya. Mata bisa terpejam dan kening mengkerut ketika memakannya. Jika ditaburi gula pasir, kurang baik bagi kesehatan gigi. Alternatif lainnya, buah strawberry potong jadi dua. Potongan strawberry tersebut digunakan untuk menggosok-gosok permukaan gigi.
buah strawberry dapat memutihkan dan merawat gigi
Strawberry, blueberry, dan keluarga buah berri lainnya banyak mengandung asam malat, yaitu zat asam alami yang ampuh merawat dan memutihkan gigi. Asam malat dapat mengikis dan menghilang noda pada permukaan gigi.

Sementara itu, vitamin C yang terkandung dalam strawberry berperan menghambat perkembangan bakteri streptococcus. Bakteri inilah yang menyebabkan munculnya plak gigi dan membuat karies gigi (gigi berlubang)

Simak juga Jangan Biarkan Gigi Menguning, Cegah dengan Cara Ini.

Demikian, informasi tentang cara alami memutihkan gigi dengan menggunakan resep leluhur. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.