Thursday, 26 November 2015

Ingin Bibir Merah Cerah Alami? Ini Rahasianya


Cara yang paling instan untuk memerahkan bibir, tentu saja dengan menggunakan lipstik. Sayangnya, cara ini sifatnya hanya sementara. Merah pada bibir yang dihasilkan lipstik bisa dihapus atau memudar dengan sendirinya. Lantas bagaimana caranya agar bibir berwarna merah alami dan bukan kamuflase?

Bibir yang sehat memang tidak harus berwarna merah. Kita sudah bersyukur jika bibir kita warnanya cerah bercahaya yang memancarkan warna-warna alami. Yang penting tidak pucat atau gelap kehitaman.




Penyebab Bibir Berwarna Pucat

Selain tidak sedap dipandang, bibir pucat menandakan bibir yang tidak sehat. Bibir yang berwarna pucat mengesankan sedang sakit atau baru sembuh dari sakit. Bibir yang hampir tidak berwarna ini juga dialami oleh orang yang sedang ketakutan atau sedang depresi berat.

Bibir pucat seringkali diikuti oleh kelembaban yang kurang. Bibir terasa kusam, kering, dan kasar. Hal ini menandakan bahwa bibir tersebut kurang asupan nutrisi yang sehat. Pada kondisi yang parah, bibir yang hampir tidak ada warna merahnya ini merupakan gejala anemia atau kurang darah.

Penyebab Bibir Berwarna Gelap

Untuk menyesuaikan kombinasi warna pakaian dan asesoris yang digunakan, kadang-kadang lipstik warna gelap memang perlu dipadukan. Tetapi jika warna asli bibir berwarna gelap, hitam, atau coklat kehitaman tetap tidak sedap dipandang mata. Apa saja yang menyebabkan bibir berwarna gelap? Inilah alasannya.

Faktor Usia

Seiring dengan bertambahnya usia, peran enzim dan hormon-hormon penting akan semakin berkurang. Berangsur-angsur warna bibir akan semakin gelap. Keriput-keriput pada bibir pun mulai muncul. Keriput-keriput ini meninggalkan bayangan yang membuat warna bibir terkesan semakin gelap.

Kalau sudah menjadi kakek-nenek, sebenarnya tidak masalah warna bibir menjadi gelap. Semua orang akan menyadarinya. Tetapi, siapapun akan terkesimak jika mendapati kakek-kakek nenek yang bibir yang terawat, lembab, dan jauh dari kesan kusam dan gelap.

Faktor Genetika

Bersyukurlah Anda yang dilahirkan dari keluarga yang mempunyai warna bibir cerah. Rawatlah bibir Anda agar tidak tampak kusam dan kering. Jika tidak, warna bibir Anda akan kalah merona dengan mereka yang sebenarnya dilahirkan dari keluarga bibir gelap. 

Radiasi Sinar Matahari

Orang yang hidup di daerah panas cenderung mempunyai warna bibir yang lebih gelap daripada mereka yang hidup di daerah dingin. Kalau dibandingkan bibir orang Eropa dengan Afrika, sudah pasti jauh berbeda, tapi ini juga karena faktor genetika.

Coba bandingkan orang-orang di negara kita yang masih satu suku. Orang yang hidup di daerah pegunungan mempunyai warna bibir yang lebih cerah daripada mereka yang hidup di daerah pesisir. Hal ini karena sinar matahari membawa sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan penuaan kulit.

Merokok

Bibir gelap seorang perokok, bibir hitam
Asap rokok jika ditiupkan jarak dekat pada sehelai kertas akan meninggalkan bercak warna kuning tua. Padahal asap ini selalu melewati bibir seorang perokok. Bisa dibayangkan, bercak warna kuning tua ini lambat laun akan berubah menjadi coklat, kemudian coklat tua, dan akhirnya hitam. Makanya seorang perokok yang sudah bertahun-tahun bisa dikenali hanya dengan warna bibirnya.

Kopi

Minum secangkir kopi di pagi hari baik bagi kesehatan. Tetapi minum kopi secara berlebihan tanpa kenal waktu justru merugikan kesehatan. Selain itu, minum kopi secara berlebihan juga akan memengaruhi warna bibir. Bibir yang semula berwarna merah cerah jika sering dilalui cairan berwarna gelap lambat laun berubah warna menjadi gelap.

Rahasia Bibir Merah Cerah Alami




Senyum yang keluar dari bibir yang merah alami memang lebih menawan, enak dipandang, dan mempunyai daya tarik tersendiri. Bibir yang cerah bercahaya ini juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Oleh karena itu, banyak upaya yang dilakukan orang untuk mendapatkan warna bibir yang memancarkan warna cerah alami. Berikut ini beberapa tips untuk mendapatkan bibir merah merekah.
Rahasia Bibir Merah Cerah Alami, cowok bibir merah, bukan perokok

Jeruk Nipis dan Madu

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis sangat efektif menjaga warna bibir agar tetap cerah dan bercahaya. Vitamin C mampu menghambat produksi melanin bibir, yaitu zat warna yang menyebabkan warna bibir menjadi gelap. Vitamin C juga mampu mengurangi pengaruh sinar ultraviolet saat bibir kita terkena paparan sinar matahari.

Selain itu, vitamin C yang dihasilkan jeruk nipis juga mampu mengeluarkan sel-sel kulit yang mati dan meningkatkan kolagen. Kolagen adalah sejenis protein yang dapat memberikan elastisitas, kelembaban, dan ketahanan pada kulit. Dengan kolagen, bibir tidak cepat keriput dan kering.

Sedangkan madu mempunyai kemampuan menangkap oksigen dan air sehingga bibir tampak lebih lembab. Madu juga mampu melawan keriput pada bibir sehingga bibir tampak lebih kenyal.

Berikut ini cara memanfaatkan khasiat jeruk nipis dan madu untuk kesehatan bibir.
Khasiat Jeruk Nipis dan Madu untuk memerahkan bibir
  • Siapkan sebuah jeruk nipis kemudian peras untuk mendapatkan sarinya.
  • Tuangkan 1 sendok makan madu pada perasan jeruk nipis tersebut.
  • Aduk campuran tersebut hingga merata.
  • Oleskan campuran tersebut pada bibir secara merata.
  • Pijat-pijat bibir selama 5 menit agar kandungan jeruk nipis dan madu meresap pada bibir.
Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan warna bibir yang merah alami. Jangan lupa bersihkan bibir terlebih dahulu dari sisa-sisa lipstik sebelum mengoleskan campuran jeruk nipis dan madu tersebut.

Gliserin dan Susu

Gliserin adalah cairan kental yang tidak berwarna dan berasa manis. Gliserin ampuh melembabkan dan melembutkan kulit karena cairan ini bersifat higroskopis (menyerap air dari udara sekitar). Oleh karenanya, gliserin banyak digunakan pada produk-produk kecantikan.

Paduan gliserin dan susu sangat efektif membuat bibir lembab, kenyal, dan cerah alami. Berikut ini tips memanfaatkan gliserin dan susu untuk merawat bibir.
  • Siapkan susu segar secukupnya.
  • Tambahkan beberapa tetes gliserin.
  • Oleskan pada bibir menjelang tidur dan biarkan semalaman.
  • Bilas dengan air bersih di pagi hari.
Lakukan perawatan ini setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jeruk Lemon dan Gula

Jeruk lemon mempunyai fungsi yang sama dengan jeruk nipis. Sedangkan gula efektif dalam pengelupasan sel-sel kulit yang mati. Cara memanfaatkan keduanya cukup mudah.
  • Siapkan sebuah jeruk lemon kemudian potong menjadi dua.
  • Taburkan gula pada potongan jeruk lemon tersebut.
  • Gosok-gosokkan potongan jeruk lemon tersebut pada bibir selama 2 menit.
  • Biarkan selama 5 menit.
  • Bilas dengan air hangat.
Lakukan perawatan ini secara rutin setiap hari.

Kelopak Bunga Mawar

Kelopak bunga mawar berkhasiat mengatasi bibir yang berwarna gelap.
  • Siapkan beberapa kelopak bunga mawar.
  • Rendam dalam air susu selama 30 menit.
  • Tambahkan beberapa tetes gliserin dan madu pada rendaman tersebut.
  • Aduk sampai rata hingga membentuk pasta.
  • Oleskan pasta tersebut pada bibir sambil dipijat-pijat selama 5 menit.
  • Biarkan selama 20 menit.
  • Bilas dengan air bersih.
Penggunaan secara rutin dan teratur akan memberikan hasil yang maksimal.

Tips Merawat Bibir agar Tetap Merah Merona

Perawatan bibir sebagaimana telah diuraikan di atas bisa Anda lakukan secara kondisional sampai Anda mendapatkan warna bibir yang cerah alami. Tetapi perlakuan berikut ini harus Anda terapkan setiap hari untuk mempertahan kesehatan bibir Anda agar tetap lembab, lembut, dan cerah memesona.
  • Setiap kali Anda menggosok gigi, kenakan sedikit pasta gigi pada kedua bibir Anda. Pasta gigi efektif menghilangkan plak-plak hitam pada bibir Anda.
  • Saat tidur kondisi bibir harus dalam keadaan bersih, termasuk bersih dari lipstik. Jika perlu, bersihkan lipstik dengan menggosok lembut menggunakan es batu. 
  • Minum kopi sewajarnya saja. Cukup secangkir kopi di pagi hari.
  • Minum air putih sebanyak mungkin. Minimal 2 liter atau 8 gelas air putih setiap hari. Air putih akan mempertahan bibir tetap lembab dan mengusir racun tubuh.
  • Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Kandungan vitamin dalam sayur dan buah ini berperan memerahkan bibir dari dalam.
  • Hindari penggunaan lipstik terlalu sering.
Dengan perawatan yang tepat, bibir yang lembab, lembut, dan cerah alami bisa bertahan lebih lama. Anda akan tampak lebih muda dari usia Anda.

Simak juga Rahasia Awet Muda.

Demikian informasi tentang rahasia bibir merah cerah alami. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.