Sunday, 6 December 2015

Sering Kencing: Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

sering kencing, buang air kecil, hasrat pipis berlebih, toilet, kamar kecil, kencing berdiri, frequent urination

Saking seringnya ke kamar kecil, kadang-kadang kita lupa menutup resleting celana. Sudah tersiksa harus bolak balik ke toilet, jadi bahan olok-olokan lagi. Inilah salah satu dampak kecil yang mengganggu aktivitas kita sehari-hari saat mengalami sering kencing. 

Normalnya, kita buang air kecil 4 sampai 8 kali setiap hari. Lebih dari 8 kali sehari bisa dikategorikan frequent urination (sering kencing). Hasrat sering pipis ini mungkin hanya merupakan respon dari kondisi tertentu. Mungkin juga merupakan indikasi bahwa kita sedang mengidap suatu penyakit.




Sering Kencing yang Tidak Berbahaya

Meskipun tidak berbahaya, yang namanya sering kencing, tetap saja mengganggu. Buang air kecil yang tidak normal ini membuat kita bosan melihat toilet. Kadang-kadang juga mengganggu kualitas tidur kita. Syukur-syukur tidak ngompol.

Cuaca Dingin

Bila kita terbiasa hidup di daerah yang panas kemudian cuaca berubah menjadi dingin maka saat itu banyak orang yang mengalami sering kencing. Coba perhatikan di sekolah atau tempat kerja. Saat cuaca dingin banyak di antara kita yang sering ke kamar kecil. Hal ini karena sisa metabolisme yang biasanya dikeluarkan lewat keringat, beralih menjadi urine.

Banyak Minum

Banyak anjuran sehat agar kita minum 2 liter atau 8 gelas air setiap hari dengan asumsi 1 gelas berisi 250 ml. Anjuran ini tidak salah. Kebutuhan tubuh kita memang sekitar 2 liter air setiap hari. Yang perlu diperhatikan, kebutuhan 2 liter air oleh tubuh kita tidak harus berupa air putih. Kebutuhan air juga bisa diperoleh dari buah-buahan, makanan berkuah, dan makanan berair lainnya.

Artinya, jika kita habis makan semangka, jangan memaksakan diri untuk tetap minum 8 gelas air. Tubuh akan kelebihan air. Kelebihan ini akan dibuang melalui keringat atau urine.

Jenis Makanan

Jenis minuman tertentu mempunyai sifat diuretik, yaitu sifat yang dapat memicu hasrat untuk pipis. Minuman yang mempunyai sifat diuretik di antaranya adalah kopi, teh, minuman berkarbonasi, alkohol, minuman yang mengandung pemanis buatan, dan makanan pedas. Jenis makanan dan minuman tersebut jika dikonsumsi secara berlebihan akan menyebabkan sering kencing.
Menyalurkan hasrat pipis, sering kencing

Masa Kehamilan

Ibu-ibu yang sedang hamil akan memiliki hasrat pipis yang lebih sering dari biasanya. Semakin bertambah usia kehamilan, semakin bertambah pula frekuensi buang air kecilnya. Hal ini karena janin yang semakin membesar akan semakin mendesak kandung kemih. Akibatnya, volume kandung kemih akan semakin mengecil sehingga air kemih cepat penuh.

Pengaruh Obat Diuretik

Penggunaan obat pada perawatan suatu penyakit kadang-kadang ada yang bersifat diuretik (memicu keluarnya air seni). Misalnya obat untuk menyembuhkan penyakit hipertensi, obat yang digunakan memiliki mekanisme kerja meningkatkan pembuangan cairan tubuh melalui ginjal. Dari ginjal cairan dikeluarkan dalam bentuk urine.

Faktor Psikis

Kondisi jiwa yang labil, seperti depresi, stress, atau cemas dapat menyebabkan gangguan fungsi kandung kemih. Biasanya orang yang sedang depresi cenderung menutup diri di dalam kamar. Keluar-keluarnya hanya sekedar menyalurkan hasrat pipis ke kamar kecil.

Sering Kencing karena Bawaan Penyakit

Sering buang air kecil juga mengindikasikan bahwa seseorang sedang mengidap suatu penyakit. Di antaranya konstipasi, diabetes, pembesaran prostat, dan infeksi saluran kemih. Sering kencing yang merupakan bawaan suatu penyakit biasanya ditandai oleh volume air seni yang keluar sedikit dan disertai rasa nyeri.

Konstipasi

Konstipasi atau sembelit adalah susah buang air besar karena tinja keras (Jawa: bedegelen). Tinja keras ini akan menekan kandung kemih sehingga volume kandung kemih menjadi berkurang. Akibatnya, kandung kemih cepat penuh dengan air seni. Kondisi ini membuat seseorang mengalami sering buang air kecil.

Diabetes Insipidus

Salah satu ciri seseorang menderita diabetes insipidus adalah sering kencing. Frekuensi buang air kecilnya sangat tidak normal, bisa mencapai 30 kali sehari, bahkan lebih. Hal ini karena di dalam tubuhnya kekurangan hormon ADH (Anti-Diuretic Hormone). Kurangnya hormon ADH ini menyebabkan ginjal tidak mampu menyerap kelebihan air. Kelebihan air tersebut langsung dibuang tanpa proses penyerapan.

Pembesaran Prostat

Pembesaran kelenjar prostat menyebabkan fungsi kandung kemih tidak stabil. Akibatnya, seseorang akan mempunyai hasrat pipis yang berlebihan tetapi tidak pernah tuntas. Keluarnya air seni hanya sedikit, tetapi terasa masih ada yang tersisa. Keluarnya air kemih ini juga disertai rasa sakit. Kondisi ini selalu berulang setiap kali orang tersebut menyalurkan hasrat pipisnya.

Infeksi Saluran Kemih

Infeksi dan peradangan saluran kemih umumnya disebabkan oleh serangan bakteri dalam sistem saluran kemih. Bakteri sering menyerang sistem saluran kemih adalah Escherichia coli atau E. coli. Peradangan saluran kemih ini juga disebabkan karena sering menahan hasrat pipis dan lecet akibat hubungan suami istri.

Gejala dari infeksi ini di antaranya sering buang air kecil yang disertai rasa nyeri (Jawa: anyang-anyangen). Warna urine cenderung keruh dan berbau menyengat.

Cara Mencegah dan Mengatasi Sering Buang Air Kecil




Jika kondisinya sudah parah, sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan secara medis. Namun, apabila masih memungkinkan disembuhkan secara alami, lakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah dan mengatasi sering kencing.

Mengatur Menu Makan

Mengonsumsi makanan yang berserat tinggi, seperti sayur dan buah, efektif memperlancar pencernaan makanan sehingga terhindar dari konstipasi atau sembelit. Mengonsumsi yoghurt setiap hari juga disarankan agar Anda tidak terlalu sering bolak balik ke kamar kecil. Yoghurt dikenal mengandung antibakteri yang bermanfaat melawan bakteri yang menginfeksi kandung kemih.

Sebaliknya, Anda disarankan mengurangi, jika perlu menghindari makanan dan minuman yang bersifat diuretik dan makanan yang menyebabkan iritasi pada kandung kemih. Jenis makanan dan minuman yang harus dihindari di antaranya makanan pedas, terlalu manis, kopi, teh, minuman berkarbonasi, dan alkohol.

Buah Cranberry dan Daun Kemangi

Buah cranberry efektif mengatasi sering kencing
Sering kencing yang disebabkan oleh infeksi saluran kemih sangat efektif dilawan dengan buah cranberry atau daun kemangi. Buah cranberry sebaiknya dibuat jus dan diminum segelas setiap hari. Sedangkan daun kemangi dibuat jus dan dicampur dengan madu. Jus kemangi plus madu ini sangat ampuh bila diminum saat perut masih kosong.

Buah Tomat

Bila penyebab sering kencing adalah pembesaran kelenjar prostat, buah tomat adalah obatnya. Kandungan lycopene dalam buah tomat terbukti mampu mengurangi masalah pembesaran prostat. Selain itu, tomat juga kaya akan vitamin dan anti-inflamasi.

Penemuan tentang manfaat buah tomat dalam mengatasi masalah sering buang air kecil ini dilakukan oleh para peneliti dari Queensland, Australia. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa setelah tiga bulan mengonsumsi pil dari ekstrak tomat, masalah sering kencing turun lebih dari 30 persen.

Senam Kegel

Senam kegel berfungsi untuk memperkuat otot panggung. Otot panggul yang kuat akan mengoptimalkan kerja kandung kemih. Lakukan senam kegel di bawah paparan sinar matahari pagi minimal 15 menit setiap hari.

Silakan simak Manfaat dan Gerakan Dasar Senam Kegel.

Sedangkan untuk mencegah agar tidak sering kencing adalah dengan tidak menahan keinginan buang air kecil. Begitu ada desakan ingin kencing, segera pergi ke kamar kecil. Menahan hasrat pipis yang terlalu sering dapat menyebabkan iritasi pada sistem saluran kemih.

Demikian informasi tentang penyebab, cara mengatasi, dan mencegah sering kencing. Semoga bermanfaat.



No comments:

Post a Comment

Maaf, komentar yang tidak berhubungan dengan isi artikel, banyak mengandung singkatan kata, atau mengandung link aktif, tidak kami tayangkan.

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum kami tayangkan. Centang 'Notify me' agar Anda mendapat pemberitahuan lewat email bahwa komentar Anda sudah ditayangkan.